← Back to portfolio

Bangun Gedung Parkir dan DKK, Walikota Semarang Ingin Wujudkan Kota Dengan Konsep Go Green

Walikota Semarang Hendrar Prihadi (Hendi) hadiri acara Groundbreaking pembangunan gedung parkir dan gedung Dinas Kesehatan Kota (DKK) Semarang pada hari ini, Senin (05/11/2018) di Jalan Pandanaran Kota Semarang.

Untuk merawat Kota Semarang Hendi mengungkapkan perlu adanya komitmen salah satunya dengan menerapkan konsep Go Green agar tercipta kota yang sejuk dan hijau.

“Kita harus punya komitmen juga untuk merawat kota kita supaya jadi bagian kota yang punya konsep go green. Salah satunya saran saya terhadap pembangunan gedung parkir dan kantor dinas kesehatan kota ini supaya sudah mulai memakai konsep go green. Artinya tanam-tanamannya yang biasanya kalau ditanam di pinggir jalan atau ditanah di pembangunan gedung ini nanti mengganggu keindahan kota ya harus tetap di ganti dengan tanaman hijau,” ujar Hendi.

Selain itu konsep go green ini juga bisa diterapkan melalui pemilihan penggunaan lampu yang hemat energi, pemanfaatan air bersih dan juga pengolahan kembali air dari gedung untuk bisa dimanfaatkan kembali.

“Berikutnya ada konstruksi teknis yang harus kita ikuti dan kita rekomendasikan misalnya lampu-lampu led yang hemat watt sehingga pemakaian listriknya tidak terlalu besar, ini juga bagian daripada komitmen go green. Kemudian air bersihnya, nanti harus pakai air PDAM jangan hanya ngambil air tanah atau bahkan dengan metode yang baru ini air limbah dari sebuah gedung itu bisa diolah, nanti dinaikkan lagi jadi pemakaian air ini kayak recycle gitu. Jadi akan menjadi sebuah gedung yang go green,” sambungnya.

Hendi berharap gedung ini nantinya bisa menjadi icon kota Semarang dengan cara menerapkan konsep Go Green dan ramah lingkungan.

“Harapan kami bisa diselesaikan tepat waktu supaya tahun depan kota semarang bisa mengatasi kemacetan disekitar pandanaran dan juga bisa mempunyai gedung yang iconik yaitu gedung parkir dan kantor DKK di jalan pandanaran. Supaya iconik harus ada kekhasan-kekhasan, keunikan-keunikan. Pertama harus jadi gedung yang go green, lampunya led semua meskipun dikasih lampu warna-warni kalau lampu led kan jauh lebih murah,” ujarnya.

Sementara itu Gedung DKK dan gedung Parkir di Jalan Pandanaran ini rencananya akan dibangun 10 lantai yang terdiri dari 1 basement parkir, 5 lantai parkir dan 5 lantai untuk Dinas Kesehatan Kota dan Puskesmas Pandanaran.

Nantinya gedung ini juga akan dilengkapi dengan jembatan penghubung antara gedung parkir dan pusat oleh-oleh Pandanaran Kota Semarang.

0 Comments Add a Comment?

Add a comment
You can use markdown for links, quotes, bold, italics and lists. View a guide to Markdown
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply. You will need to verify your email to approve this comment. All comments are subject to moderation.